Informasi Kesehatan dengan Sumber yang Akurat

Sunday

Liverkah penyebab bau mulut saya?

 

Liverkah penyebab bau mulut saya? - Liver? Pernahkah mendengar penyakit liver? Liver adalah hati, penyakit liver adalah penyakit hati. Salah satu penyakit liver adalah penyakit hepatitis, dimana hepatitis ini di sebabkan oleh berbagai macam virus, terdapat lebih dari 5 virus penyebab hepatitis. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang penyakit liver anda dapat membaca pada arikel "Penyakit liver dan cara mengobatinya"

Penyakit hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Jenis hepatitis yang sering dijumpai yakni hepatitis A, B, dan C, Hepatitis A bersifat akut dan jarang menjadi kronis. Sedangkan hepatitis B dan C termasuk penyakit hati yang kronis atau menahun yang dapat berlanjut menjadi sirosis dan kanker hati apabila tidak ditangani dengan baik.

Banyak orang tak sadar kalau menderita hepatitis karena biasanya tanpa gejala pada awalnya. Pasien bisa menderita lebih dari satu jenis hepatitis dalam waktu bersamaan. Namun, ada juga yang terkena satu jenis hepatitis baru diikuti hepatitis yang lain. Radang hati atau liver yang disebabkan oleh virus Hepatitis A, B, dan c memiliki pravalensi tinggi di Indonesia, hasil penelitian menunjukkan 20 juta penduduk Indonesia terjangkit oleh hepatitis A, 20 juta lebih penduduk lainnya terkena hepatitis B, 8 juta lebih penduduk Indonesia mengidap hepatitis C.

Penjelasan lebih lengkap mengenai hepatitis anda bisa membaca pada aritkel "Penyakit hepatitis dan cara mengobatinya"

Berikut ini adalah ciri ciri penyakit liver:
  • Perut terlihat lebih buncit, hal ini karena adanya pembengkakan di perut dan hal ini juga mengakibatkan adanya rasa sakit saat bernapas.
  • Kulit menjadi lebih terlihat kekuning-kuningan, hal ini juga yang menyebabkan banyak orang menyebut penyakit liver ini penyakit kuning.
  • Sering buang air kecil dan air seni berwarna kuning gelap, buang air besar tidak teratur dan rasa haus yang berlebihan.
  • Berat badan menurun drastis karena nafsu makan berkurang serta kekurangan protein, selain itu badan mudah memar.
  • Mudah sakit kepala, lesu, lemah dan juga depresi atau bahkan kejang.
  • Bau mulut dan bau badan yang berlebihan

Jika ciri-ciri penyakit liver tersebut Anda rasakan, Anda harus menanganinya dengan tepat. Segera konsultasikan dengan dokter dan periksa seberapa parah Anda menderita penyakit liver tersebut

Adapun gejala-gejala umum yang sering ditimbulkan dari penyakit liver ini antara lain adalah sebagai berikut:
  • Terjadi perubahan pada perut di mana perut berubah menjadi lebih buncit. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.
  • Terjadi perubahan warna kulit serta mata di mana berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan. Inilah yang biasa disebut oleh masyarakat sengan penyakit kuning.
  • Air seni berubah warna menjadi kuning gelap.
  • Terjadi perubahan pada bentuk kuku di mana menjadi lebih melengkung serta mengalami keputihan.
  • Berat badan menurun karen kurangnya nafsu makan. Sering mimisan.
  • Tubuh akan mudah memar dikarenakan kekurangan zat protein.
  • Sering buang air kecil.
  • Mudah merasa dahaga.
  • Bau mulut serta bau badan tidak sedap.
  • Anemia

Menjaga kesehatan hati dan mencegah liver adalah lebih  baik dari pada harus menderita dan mengobatinya. Caranya adalah dengan mengonsumsi temulawak. Temulawak (curcuma xanthorriza) yang berasal dari family Zingiberaceae, banyak ditemukan di hutan-hutan tropis, termasuk di Indonesia. Dari segi kualitas, temulawak Indonesia termasuk paling baik, jika dibandingkan dengan Negara- negara lain.

Rimpang temulawak mengandung curcumin yang berperan :

Meningkatkan aktivitas enzim Gluthatione S-transferase (GST) serta keompok enzim Glutathione lain (Gs-x) dalam hati yang memiliki pernana penting sebagai detoksifkasi dan antioksidan. Temulawak atau Curcuma Xanthorrizha telah dikenal oleh Bangsa Indonesia sebagai tanaman herbal yang bermanfaat sejak dahulu. Selain temulawak, rempah-rempah lainnya yang dapat bermanfaat mengatasi penyakit adalah Kencur, jahe, daun sambiloto serta Madu.

Itulah beberapa informasi yang dapat di sampaikan mengenai penyakit liver. Penyakit ini cukup bebahaya hingga dapat mematikan. Untuk itu anda segeralah mengobatinya. Selanjutnya silakan baca 10 tips menjaga dan mengobati liver  Terimakasih, semoga bermanfaat ^^
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Liverkah penyebab bau mulut saya?