Informasi Kesehatan dengan Sumber yang Akurat

Tuesday

Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu

Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu - Penyakit yang besar itu berawal dari yang kecil terlebih dahulu. Dari yang kecil yang terus di biarkan terus lambat laun akan menjadi membesar. Untuk itu anda perlu memperhatikan penyakit walau sekecil apapun itu. Begitu juga dengan bau mulut. Ketika ada bau nafas yang kecil keluar dari mulut. Jangan biarkan menjadi banyak akan tetapi segera di atasi. Bau mulut yang ringan mungkin akan lebih mudah dalam mengobatinya. Biasanya dengan menggosok gigi saja sudah bisa hilang.

Beberapa hal umum yang dapat menyebabkan bau nafas, selengkapnya simak ulasan berikut ini:

1.    Kurangnya Kebersihan mulut


Beberapa Penyebab umum bau nafas
Bau Nafas

Mulut merupakan hal utama penyebab bau mulut. Bila anda tidak menjaga kebersihan mulut anda tentu saja akan berdampak pada bau nafas. Misalnya tidak menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah tidur. Perlu di ketahui bahwa ketika anda tidur malam anda akan membawa sisa makanan yang menempel di gigi. Selama anda tinggal tidur, sisa makanan ini akan basi dan tentunya di tumbuhi kuman / bakteri. Maka pada pagi hari mulut anda bau.

Selain itu bakteri yang terus menumpuk setiap malam, sedikit-sedikit membuat lubang di gigi anda dan hasilnya anda akan sakit gigi atau gigi anda berlubang tanpa anda sadari. Setelah berlubang, gigi anda akan mudah terisi sisa makanan. Sisa makanan ini akan menjadi penyebab bau mulut baru anda. Untuk itu menggosok gigi sangat penting sekali. Bacalah 10 cara menggosok gigi yang benar agar dapat maksimal dalam membersihkan gigi.

2.    Makan makanan pengundang bau (jengkol, petai, durian)


Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu
Jengkol

Beberapa makanan dapat menjadi penyebab bau nafas. seperti mengkonsumsi jengkol, petai, bawang, durian, daging, dll. Maksudnya disini, di konsumsi secara berlebihan alias over dosis. Namun pada umumnya bau nafas yang di keluarkan hanya bersifat sementara. Beberapa waktu akan hilang sendirinya.Apabila anda merasa bau setelah mengkonsumsi jengkol, anda bisa mencoba 7 cara menghilangkan bau  jengkol disini

3.    Merokok


Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu
Rokok

Sebagian orang memang merokok tidak mengeluarkan bau nafas, namun sebagian orang mengeluarkan bau nafas akibat rokok. Merokok dapat membuat mulut menjadi kering, sehingga kuman mudah tumbuh di sekitar mulut.  Sehingga dapat membuat bau mulut.

Coba saja anda dekatkan tangan anda di atas asap api unggun, lau cium. Anda akan tahu sendiri baunya. Bayangkan bila bau itu menempel di paru paru anda. Bagaimana anda membersihkannya? So sangat sulit untuk di bersihkan, mungkin perlu pembedahan. Selain itu  merokok juga dapat menyebabkan penyakit, jantung, paru-paru, bronkitis, gangguan kehamilan dan masih banyak penyakit berat lainnya. Jadi sebaiknya anda tinggalkan merokok agar hidup sehat dan bahagia bersama keluarga

4.    Bibir pecah pecah / Sariawan


Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu
Bibir pecah-pecah

Sariawan dapat menjadi penyebab bau nafas. anda bisa merasakan sendiri bagaimana sakitnya saat bibir pecah. Biasanya terdapat benjolan bewarna putih yang berisi nanah di dalam rongga mulut. Benjolan itu akibat dari infeksi pada mulut dan juga bakteri yang berkembang di mulut. nanah dan bakteri ini dapat menyebabkan bau nafas. selengkapnya baca artikel "Sariawan bisa jadi penyebab bau mulut"

5.    Tidak makan pagi


Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu
Sarapan

Sarapan ternyata bisa menjadi penyebab bau nafas. Di dalam rongga mulut pastinya terdapat bakteri yang berkembang biak, bakteri ini yang menjadi penyebab bau nafas. Bakteri tersebut dapat di bunuh dengan air liur yang di produksi oleh kelenjar ludah. Air liur dapat terangsang keluar saat sarapan pagi. Saat sarapan air liur keluar dan membunuh bakteri sehingga mengurangi bau nafas. Sarapan pagi juga sangat baik, untuk mengisi kekosongan perut selama 6-8 jam, sehingga perut terjaga dari Mag yang bisa juga menjadi penyebab bau nafas

6.    Gigi Berlubang


Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu
Gigi Berlubang

Gigi berlubang dapat menyebabkan bau nafas. ketika gigi anda berlubang akan sulit di bersihkan dengan sikat gigi, seingga sisa makanan yang ada di dalam lubang tidak bisa di ambil. Sisa sisa makanan ini lambat laun akan menjadi plak pada gigi anda. Hal ini juga bisa membuat gigi anda hitam serta bau busuk. Maka selalulah jaga gigi anda agar tidak berlubang

7.    Beberapa penyakit lain


Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu
Penyakit Liver

Masih banyak lagi penyebab bau nafas, misalnya penyakit sinusitis, amandel, asam refluks, liver, gangguan sistem pencernaan, ginjal. Jika anda mengalami bau nafas lebih dari 1 tahun, sebaiknya anda perhatikan bagian no 7 ini.

Bagaimana cara mengetahui pada bagian mana yang menyebabkan penyakit pada tubuh kita? Caranya mencari tahu satu persatu atau menyelidik. Silakan baca pada artikel langkah langkah menemukan sumber bau mulut    Sebenarnya terjadi bau mulut itu adalah sebuah indikasi atau sebuah tanda dari adanya penyakit lain yang lebih serius. Beberapa penyakit memang ada yang memberikan gejala salah satunya bau mulut. Jika setelah mengosok gigi mulut masih saja berbau, atau bau mulut keluar dari hidung harap berhati-hati. ini bisa jadi berasal dari penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu apabila sudah terlalu parah alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman. Semoga dapat membantu :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Penyebab umum bau nafas wajib anda tahu