Informasi Kesehatan dengan Sumber yang Akurat

Tuesday

10 Manfaat buah nanas untuk kesehatan

Manfaat buah nanas untuk kesehatan
Manfaat buah nanas

10 Manfaat buah nanas untuk kesehatan - Nanas adalah buah yang memiliki multi rasa dimana ada rasa manis, asam, kecut, dan menyegarkan. Nanas ini mudah di jumpai di seluruh Indonesia buah yang memiliki ciri khast ada bintik-bintik nya di bagian badan buahnya.

Buah nanas berasa dari brazil dan Paraguay. Waktu panennya pada bulan maret dan juni. Namun saat ini buah nanas bisa di dapat kapan saja karena pemudidayaan juga sudah sangat banyak. Bagi kamu yang penggemar nanas, jangan lewatkan informasi kandungan dan manfaat buah nanas untuk tubuh kita. Ada banyak lho…!!!

Kandungan

Ada pun Kandungan dan manfaat buah nanas :
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 (Tiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B6 (Piridoksin)
  • Vitamin B12 (Kobalamin)
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Mineral (kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, magnesium, tembaga, mangan dan selenium)
  • Gula (glukosa, dekstrosa, fruktosa)
  • Rendah lemak dan sodium
  • Karotenoid
  • Enzim Bromelain

Manfaat

Nah setelah tahu kandungan buah nanaas, mari simak apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ringkasannya :

  • 1. Vitamin A
Vitamin A yang di kandung oleh buah nanas berasal dari karotenoid dimana di dalam karetenoid ini mengandung alfa dan betakarotenoid. Di dalam tubuh betakarotenoid ini di rubah menjadi vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat untuk tubuh untuk kesehatan mata dan kesehatan kulit. Selain itu vitamin A juga menjadi antioksidan yang alamiah

  • 2. Vitamin B
Vitamin B yang di kandung seperti B1, B2, B6 , B12 bermanfaat untuk membantu metabolisme, menjaga kulit dan mata. Vitamin B paling banyak berkontribusi untuk sel tubuh dan sel syaraf manusia. Adapun buah lainnya yang kaya dengan vitamin B adalah buah pir. Kandungan vitamin B9 dalam buah pir sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan anak-anak

  • 3. Vitamin C
Vitamin C adalah kandungan yang paling banyak di dalam buah nanas. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa rata-rata terdapat 15 mg Vitamin C dalam per 100 gram nanas segar. Hal ini memungkinkan vitamin C yang akan banyak memberikan manfaat untuk tubuh.

Manfaat vitamin C misalnya untuk menjaga kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, mencegah kanker, mencegah darah tinggi, mencegah stroke, menjaga jantung, melindungi radiasi sinar matahari dan masih banyak yang lainnya.

  • 4. Vitamin E
Kandungan vitamin E di dalam nanas akan memberikan manfaat untuk kesehatan kulit, misalnya mengatasi keriput, merawat kulit, menghilangkan bekas luka, mengurangi bintik pada kulit, mngencerkan darah dan mencegah kanker.

  • 5. Vitamin K
Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, mencegah osteoporosis, membekukan darah dan mencegah penyakit jantung serta kanker.

  • 6. Kaya Mineral
Mineral di dalam tubuh memang sangat sedikit yang di butuhkan, akan tetapi apabila kekurangan dapat memberikan dampak yang besar pada tubuh sendiri. Sehingga meskipun sedikit wajib kita penuhi. Nanas menjadi pilihan yang sangat cocok untuk  memenuhi kebutuhan mineral dimana kandungannya cukup sempurna. Mineral ini banyak berperan pada darah, tulang dan otot serta menjadi antibody yang baik di dalam tubuh

  • 7. Gula
Di dalam buah nenas mengandung beberapa jenis gula, diantaranya : glukosa, dekstrosa, fruktosa. Memang kandungan buah nanas ini sangat tinggi sehingga kurang cocok untuk penderita diabetes. Apabila kita makan sendiri, akan terasa masam dan manis bercampur sehingga rasa manisnya kurang terasa.

  • 8. Rendah lemak
Kadar lemak yang di kandung buah nenas cukup rendah ini dapat di konsumsi bagi yang lagi diet. Jadi jangan takut gemuk makan buah nenas.

  • 9. Karotenoid
Nenas termasuk kedalam tumbuhan yang karotenoid dimana nanas memiliki pigmen warna khasnya yaitu kuning. Zat karotenoid di dalam tubuh akan di rubah menjadi vitamin A yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu karotenoid juga berfungsi untuk mencegah katarak, serta sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Buah-buahan lainnya yang kaya akan zat karotenoid ini adalah buah pepaya, buah semangka, buah naga, buah jeruk dan beberapa buah yang bewarna oren, kuning atau merah juga termasuk sayuran seperti wortel

  • 10.  Enzim bromelain
Beberapa kegunaan dari enzim ini adalah mengurangi rasa sakit dan pembengkakan karena luka atau operasi, mengurangi radang sendi, menyembuhkan luka bakar, meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain. Oleh karena itu buah nanas dapat di jadikan sebagai anti inflamasi atau anti radang yang baik

Kesimpulan

Dari berbagai nutrisi dan kandungan penting di dalam nanas, merupakan buah yang paling bermanfaat untuk kesehatan manusia. Buah ini mudah di dapat dan harganya yang sangat murah. kita juga dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Dari berbagai nutrisi di atas kita dapat ambil kesimpulan manfaat dari buah nanas ini adalah sebagai berikut

  1. Mencegah asma
  2. Mencegah kanker
  3. Menjaga jantung
  4. Baik untuk pencernaan
  5. Baik untuk diet
  6. Menurunkan tekanan darah
  7. Mengobati asam urat
  8. Mengatasi perut kembung
  9. Menguatkan tulang
  10. Mencegah bantuk dan demam
  11. Menjaga kesehatan gigi
  12. Menambah kekebalan tubuh
  13. Menjaga kesehatan kulit
  14. Mengatasi keriput

Itulah sedikit informasi yang dapat saya tulis disini merupakan pengetahuan penting yang perlu kita ketahui bersama. Buah nanas ini dapat di konsumsi langsung setelah matang, atau dapat diolah menjadi makanan. Beberapa makanan ada yang di olah dari nanas misalnya acar, manisan, minuman, selai dll.

Selain itu buah nanas juga dapat di buat jus segar. Anda bisa mengkonsumsinya pada cuaca yang panas agar menjadi lebih segar
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat buah nanas untuk kesehatan